Penilaian Portofolio

9.1  Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio dapat diartikan sebagai kumpulan karya atau dokumen peserta didik  yang  tersusun  secara  sistematis  dan  terorganisasi  yang  diambil  selama proses pembelajaran, digunakan guru dan peserta didikmenilai dan memantau perkembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik dalam mata pelajaran tertentu.

9.2  Bentuk Portofolio

9.2.1 Tinjauan Proses, Portofolio proses (process oriented) adalah portofolio yang menekankan pada tinjauan bagaimana perkembangan peserta didik dapat diamati dan dinilai dari waktu ke waktu. Pendekatan ini lebih menekankan pada bagaimana peserta didik belajar, berkreasi, termasuk mulai dari draft awal, bagaimana proses awal itu terjadi dan tentunya sepanjang peserta didik dinilai.

9.2.2  Tinjauan  Hasil,  Portofolio  ditinjau  dari  hasil  (product  oriented) adalah portofolio  yang   menekankan  pada   tinjauan   hasil   terbaik  yang  telah dilakukan peserta didik, tanpa memperhatikan bagaimana proses untuk mencapai evidence itu terjadi. Portofolio semacam ini bertujuan untuk mendokumentasikan danmerefleksikan kualitas prestasi yang telah dicapai.

9.2.3 Portofolio dokumentasi, adalah bentuk yang digunakan untuk memilih koleksi evidence peserta didik yang khusus digunakan untuk penilaian. Portofolio dokumentasi adalah penilaian terhadap koleksi pilihan dari sekumpulan evidence peserta didik selama kurung waktu tertentu.

9.2.4  Portofolio  penampilan  adalah  bentuk  yang  digunakan  untuk  memilih evidence yang paling banyak yang dikerjakan oleh peserta didik ataupun kelompok  peserta  didik.  Portofolio  penampilan  hanya  berisi  pekerjaan peserta didik yang telah selesai, tidak mencakup proses pekerjaan, perbaikan, dalam penyempurnaan, pekerjaan peserta didik.

9.3  Pedoman Penerapan Penilaian Portofolio

Pedoman penerapan penilaian portofolio disekolah, antara lain saling percaya, kerahasiaan bersama, milik bersama, kepuasan, kesesuaian, proses dan hasil.

9.4  Fungsi dan Tujuan Portofolio

Portofolio berfungsi untuk mengetahui perkembangan pengetahuan peserta didik dan kemampuan dalam mata pelajaran tertentu serta pertumbuhan kemampuan dalam mata pelajaran tertentu serta pertumbuhan peserta didik. Portofolio dapat pula berfungsi sebagai alat untuk :

  • Melihat perkembangan tanggung jawab peserta didik dalam belajar
  • Perluasan dimensi belajar
  • Pemahaman kembali proses belajar mengajar
  • Penekanan pada pengembangan peserta didik dalam belajar.

Penilaian portofolio bertujuan sebagai alat formatif maupun sumatif untuk memantau kemajuan peserta didik dari hari ke hari dan untuk mendorong peserta didik dalam merefleksi Pembelajaran mereka sendiri.

9.5  Karakteristik Penilaian Portofolio

  • Multi sumber, artinya portofolio memungkinkan untuk menilai berbagai macam evidence
  • Authentic,  Evidenve peserta  didik  haruslah  autentik,  artinya  ditinjau  dan konteks maupun fakta harus saling berkaitan satu sama lain.
  • Dinamis, portofolio mencakup perkembangan dan perubahan
  • Eksplisit, semua tujuan pembelajaran berupa kompetensi dasar dan indicator harus dinyatakan secara jelas
  • Integrasi,  portofolio  senantiasa  berkaitan  antara  program  yang  dilakukan peserta didik di kelas dengan kehidupan nyata.
  • Kepemilikan, adanya keterkaitan antara evidence dengan kompetensi dasar dan   indicator   yang   telah   ditentukan   dalam   rangka   mencapai   standar kompetensi tertentu.

Beragam tujuan, portofolio dilaksanakan tidak hanya mengacu pada suatu standar kompetensi dasar, dan indicator pencapaian hasil belajar tetapi juga mengacu ke berbagai tujuan atau beberapa indicator pencapaian hasil belajar.

9.6   Analisis Hasil dan Pelaporan

Hasil penilaian portofolio umumnya dapat berbentuk skor, grafik, atau deskriptif. Pekerjaan guru selanjutnya adalah membuat suatu rumusan bagaimana skor itu akan dianalisis dan ditafsirkan sehingga kesimpulan akhir tentang kemampuan peserta didik sudah merupakan niali keseluruhan berbagai aspek.

Hasil penilaian portofolio dapat dialporkan baik kepada peserta didik, kelompok peserta  didik,  orang  tua,  maupun  komunitas  masyarakat.  Hal  yang  paling mendasar dalam analisis dan pelaporan adalah validitas dan realibilitas dan berbagai metode telah dikembangkan.

9.7   Merancang Penilaian Portofolio

Pada umumnya dalam merancang penilaian portofolio harus memenuhi beberapa tahapan utama diantaranya :

  • Penentuan tujuan portofolio
  • Penentuan isi portofolio
  • Penentuan criteria penilaian portofolio Penentuan format penilaian format portofolio Penentuan koleksi dan menyelaksi (collection) Refleksi (reflection)
  • Adanya hubungan (conection).

About these ads

Posted on 22 Februari 2011, in Evaluasi Pembelajaran. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: